. wisecorner: Hari Pertama di Madrasah....

Hari Pertama di Madrasah....

Hits:

17 September 2011


Alhamdulillah...akhirnya setelah cukup lama menanti, tadi pagi saya mulai menjalani aktivitas baru di Kota Nabi tercinta ini. Setelah beberapa bulan sebelumnya dibantu zauji ngurus-ngurus pendaftaran dan menanti telepon dari madrasah tempat saya belajar sebagai tanda bahwa saya telah diterima hingga beberapa tahun kedepan, insyaAllah.

Ga jauh beda sama anak-anak yang baru masuk sekolah, pagi tadi saya pun diantar ke madrasah dan ditungguin sampai bel pulang berbunyi. Hehehe....bukan manja, bukan sulap (ga nyambung), tapi karena di negara ini kaum wanitanya tidak dibiarkan kemana-mana sendiri kecuali bersama mahram atau teman-teman wanita lainnya (untuk kondisi ini jika tidak dalam rangka safar). 

Madrasahnya ga jauh dari rumah. Yah...sekitar 7menitan lah naik mobil sudah sampai. Nama madrasahnya Madrasatunnisaa Tabi'ah Lirrabithah Al'alam Al Islami

Jadi untuk hari pertama sekolah, zauji dengan setia menanti di depan pagar madrasah yang menjulang tinggi. Alhamdulillah ada seorang ikhwa asal Cina yang kebetulan pernah berkenalan dengan zauji saat zauji mengantar saya ke mustasyfa jami'ah beberapa waktu yang lalu, yang pagi tadi juga sedang menanti istrinya yang mengurus kelulusannya dari madrasah tersebut, masyaAllah...baarakallahufiiha!

Di madrasah ini ada 7 mustawa. Paling dasar itu mustawa ta'sisi yah seperti kelas persiapan bahasa-lah begitu. Dan saya bersama Kak Karimah masuk dalam kelas tsb. Kalo saya memang sengaja dari zauji yang minta sama mudirahnya agar saya ditempatkan di kelas persiapan bahasa...hehehe, berhubungan bahasa Arab saya masih sangat perlu dibenahi. 
Jumlah murid dalam mustawa ta'sisi ada 33 orang, tapi yang datang tadi pagi ga sampai 20an orang, mungkin karena hari pertama kali yah..jadi disangkanya belum ada pelajaran jadi belum pada mau datang. Ya sudahlah...
Di antara teman-teman di mustawa ta'sisi yang sempat hadir itu ada yang dari Rusia, Magribi, Maladives, dan Maroko. Tadi kami sudah sempat belajar qira'ah yang diajarkan oleh mua'alimah zainab. Di mustawa ini, dengar-dengar (soalnya belum ada kabar resmi dari mu'alimah-nya) ada 3 maddah, 2 diantaranya itu bahasa Arab dan qira'ah, yang satunya lagi lupa.
Kelas kami ada di lantai 3 gedung madrasah. Selain itu, ada juga tempat penitipan anak bagi para thalibah yang punya anak dibawah usia 5tahun, seperti play group gitu.

Pakaian seragamnya itu kemeja putih dan rok hitam. Jadi pas dah masuk gerbang, abaya, purdah dan jilbab yang kita pake dibuka lalu kita masuk ke gedung madrasah dengan pakaian yang sudah ditetapkan tsb. Plus aturan ga boleh bawa hape kamera. Kalo ditanya kenapa ga boleh? Mungkin nih...sebab para mu'alimah dan thalibahnya masyaAllah cantik-cantik bahkan ada yang ga pake jilbab, jadi khawatir kalo ada yang ambil gambar trus dipublish kan bisa jadi aib tuh...makanya para thalibahnya dilarang bawa hape kamera.

Setelah mustawa ta'sisi, ada mustawa awal, tsani, dan seterusnya hingga mustawa sittah. Masing-masing mustawa' lama belajarnya 3 bulan. Yah...saya berharap saya bisa melalui setiap mustawa dengan baik agar kelak apa yang saya dapatkan bermanfaat buat saudari-saudari saya yang lain..aamiin.

Di madrasah ini, sepengetahuan saya, yang dari Indonesia hanya 3 orang, saya, Kak Karimah dan Kak Nisa (dari Makassar juga) beliau ini sudah mustawa' 5..insyaAllah bentar lagi lulus..aamiin.

Awalnya (dengar dari Kak Nisa langsung) hanya istri thullab jami'ah islamiyyah saja yang bisa bersekolah di madrasah ini, namun belakangan orang umum pun bisa bersekolah juga di madrasah tsb.

InsyaAllah mulai besok saya sudah ga diantar lagi sama zauji ke madrasah, sebab sudah ada bus madrasah yang akan menjemput dan mengantar para thalibah.

Akhirnya...mudah-mudahan apa yang saya jalani hari ini benar-benar dapat bermanfaat buat diri saya pribadi dan orang lain...aamiin.
Ma'annajah!!!

0 comments:

Posting Komentar

SMS gratis!

Klik di sini!
free counters