. wisecorner: Keutamaan Umrah

Keutamaan Umrah

Hits:

15 Agustus 2011

Ibadah umrah memiliki banyak keutamaan, diantaranya :

1. Umrah dapat menjadi penghapus dosa-dosa kecil. 
Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, bahwasanya Nabi shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi Bayt ini (Ka’bah-red) –dalam lafazh yang lain: "barangsiapa yang berhaji karena Allah’- lalu tidak berkata-kata kotor dan fasik, niscaya ia telah kembali seperti hari saat ia dilahirkan ibunya.” (Shahih al-Bukhari, 1521; Shahih Muslim, 1350).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, “Umrah ke umrah selanjutnya adalah sebagai penebus dosa antara keduanya; dan haji mabrur tidak mempunyai balasannya kecuali ke surga.” (Muttafaqun’alaih: Fathul Bari III: 697 no: 1773, Muslim II: 983 no: 1349, Tirmidzi II: 206 no:937, Ibnu Majah II: 964 No: 2888 dan Nasa’I V: 115).

Menurut jumhur (mayoritas) ulama, teks-teks tersebut terkait dengan penghapusan dosa-dosa kecil (Shaghaa’ir) saja, bukan dosa-dosa besar (Kabaa’ir). Sedangkan untuk menghapus dosa-dosa besar ini haruslah dengan syarat bertaubat sebab shalat sendiri –yang lebih besar kedudukannya daripada haji- tidak mampu menghapuskan dosa-dosa besar.

Umrah, menurut ulama berasal dari kata umur dan kemakmuran. Jika kita ingin merasakan keberkahan umur dan kemakmuran, maka cobalah untuk menyisihkan harta untuk mengunjungi baitullah.
Bagi mereka yang belum memiliki kecukupan harta, maka mulailah dengan niat yang kuat dan usaha yang maksimal untuk menuju ke sana.

Imam An-Nawawy berkata, ‘Ini sudah jelas tentang keutamaan umrah, yang dapat menghapus dosa dan kesalahan antara dua umrah’. Karena keutamaan inilah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan wanita muslimah agar melakukan umrah, khususnya pada bulan Ramadhan.

2. Ibadah umrah akan menjauhkan kemiskinan sebagaimana api membersihkan besi dari kotoran-kotorannya.
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu'anhu bahwa Rasulullah shallallahu'alahi wa sallam bersabda, “Ikutilah pekerjaan haji dengan melaksanakan umrah; karena sesungguhnya keduanya dapat menghapus dosa dan kekafiran, sebagaimana ubupan tukang besi dapat menghilangkan kotoran besi, emas dan perak; dan tiada balasan bagi haji mabrur kecuali surga semata.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir no: 2901, Tirmidzi II: 153 no:807 dan Nasa’I V:115).




*Tausiyah singkat dari Ust. Akrama Hatta, Lc saat rehat 4 rakaat pertama shalat tarawih malam ke-15 di Masjid Wihdatul Ummah, Makassar via streaming di Suarawahdah Fm.

0 comments:

Posting Komentar

SMS gratis!

Klik di sini!
free counters