. wisecorner: Maulid..oh..Maulid...

Maulid..oh..Maulid...

Hits:

08 Maret 2009
Ga teRasa qta telah beRada pada bulan ke tiga dalam penanggalan HijRiyah...bulan Rabiul Awal...bulan yg ga kalah pentingnya dalam sejaRah tsebaRnya Islam di penjuRu bumiNya.

Bagaimana ga penting?...Rabiul Awal adalah bulan dimana Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam...Nabi akhiR zaman...yg juga adalah manusia selayaknya qta dilahiRkan oleh Ibundanya Siti Aminah...yg dikemudian haRi beliau lah yg bjuang menyebaRkan Risalah Islam ini beRsama paRa sahabat beliau hingga sampai kepada diRi"qta. Sehingga beRsyukuRlah qta haRi ini dengan ni'mat Iman dan Islam yg ada pada diRi qta...syukuRi dan ejawantahkan...^_^

Ngomong"ttg peng-ejawantah-an nilai"Islam dalam kesehaRian qta...ada topik menaRik yg insyaAllah akan saya bahas...sedikit...ga banyak...disesuaikan dengan ilmu yg saya miliki....

Sudah baca judulnya kan? Gmana? Adakah yg teRlintas dalam benak kmu? Sebuah peRayaan yg meng-atasnama-kan kelahiRan Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam...yg meng-atasnama-kan kecintaan yg mendalam kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam...yg men-atasnama-kan bagian daRi meneladani setiap sisi kehidupan Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam...tapi...haRuskah dengan caRa"yg keRap qta jumpai di tengah masyaRakat qta? Yg justRu membuat qta semakin jauh daRi Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam.

Dahulu...hingga saat ini...sampai kelak dunia ini kiamat...tak peRnah sedikitpun dikisahkan dalam nash"syaR'i tentang peRayaan Maulid...

Maulid Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam sudah mjadi tRadisi bagi sbagian besaR kaum muslimin di Indonesia. hRi tsebut dianggap sbagai haRi besaR (hRi Raya) yg haRus dipeRingati secaRa Rutin tiap tahun. PeRingatan secaRa Rutin dan teRus meneRus dlm istilah aRab disebut dengan Ied, sedang kalau qta mau meneliti dalam kitab-kitab hadits bab tentang hRi Raya disana biasanya ttulis Kitabul Idain (kitab tentang 2 hRi Raya atau hRi besaR), maksudnya Iedul FithRi dan Iedul Adha. DaRi sini jelas sekali bhw hRi besaR dlm Islam yg dipeRingati secaRa Rutin tiap tahun hanya ada 2 hRi saja.
SekiRanya ada haRi besaR lain...yg waktu itu diRayakan oleh Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam dan paRa sahabatnya, tentu kaum muslimin mulai zaman sahabat, tabiin dan tabiut-tabiin sdh lebih dahulu mlakukannya. Sbagaimana meReka mRayakan Idain secara mutawatiR, tanpa ada khilaf, dan sudah baRang tentu juga dijelaskan adab-adabnya dan bagaimana pRakteknya.
Sedangkan dalam tinjauan syaR'i peringatan maulid Nabi sbagaimana dikemukakan Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz Rahimahullaah dalam kitabnya At Tahdzir minal Bida', adalah mRupakan hal baRu dlm Islam, yg tidak peRnah dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam, paRa shahabat dan tabi'in.

Ada be"Rapa alasan mengapa Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam TDK MPERBOLEHKAN peringatan semacam ini :
- 1st: mRupakan amalan baRu yg ttolak, sbagaimana sabda Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam yg aRtinya: "BaRangsiapa mengada-adakan (sesuatu hal baRu) dlm uRusan (agama) kami, yg bukan mRupakan ajaRannya maka akan dtolak" (Muttafaq Alaih).

- 2nd: Menyelisihi Sunnah Nabi dan KhulafauR Rasyidin. Nabi Shallallaahu alaihi wa salam bsabda, aRtinya: "Kamu semua haRus bpegang teguh pada sunnahku (setelah Al-QuR'an) dan sunnah KhulafauR Rasyidin yang mendapat petunjuk Allah setelahku." (HR. Abu Dawud dan At TiRmidzi).

- 3Rd: Mengambil ajaRan bukan daRi Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam, kalam Allah...aRtinya: "Apa yg dbeRikan Rasul kepadamu maka teRimalah dia. Dan apa yg dilaRangnya bagimu maka tinggalkan-lah; dan btaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keRas hukumanNya." (QS. 59:7)

- 4th: Tidak peRnah dicontohkan dan diteladankan oleh Nabi Shallallaahu alaihi wa salam padahal sebisa mungkin kita haRus meneladani beliau, kalam Allah, aRtinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diRi) Rasulullah itu suRi teladan yg baik bagimu (yaitu) bagi oRang yg menghaRap (Rahmat) Allah dan (kedatangan) hRi kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. 33:21)

- 5th: Agama Islam telah sempuRna tidak peRlu penambahan ajaRan baRu lagi. Kalam Allah, aRtinya: "Pada haRi ini telah KusempuRnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu ni'matKu, dan telah KuRidhai Islam itu jadi agamamu." (QS. 5:3)

- 6th: Bhw Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa Sallam telah menunjukan seluRuh kebaikan kepada umatnya dan telah memperingatkan daRi kejahatan yg beliua ketahui, sbagaimana diRiwayatkan oleh Imam Muslim. Beliau tidak peRnah membeRi petunjuk tentang peRingatan maulid ini, bahkan sebaliknya mempeRingatkan daRi peRkaRa" baRu dlm Islam.

- 7th: Mbuat ajaRan baRu dlm Islam mRupakan sebuRuk" peRkara, sbagaimana penggalan sabda beliau Shallallaahu alaihi wa salam dlm sebuah khutbahnya, yg aRtinya: "Dan sebuRuk" peRkaRa (dlm agama) ialah yg diada"kan (bid'ah), dan setiap bid'ah itu kesesatan." (HR. Muslim)

- 8th: mRupakan sikap tasyabuh (meniRu") ahli kitab daRi kaum Yahudi dan NashRani dlm hRi" besaR meReka. Belum lagi jika dalam acaRa tsebut tdapat ghuluw (sikap blebihan) thadap Nabi Shallallaahu alaihi wa salam misalnya bkeyakinan kalau Nabi datang dalam acaRa tsebut dan bisa menjawab do'a, ikhtilath yaitu bcampur bauR pRia dan wanita yg bukan muhRim, atau diselingi dengan pentas musik dan sebagainya.

Selidik punya selidik...peRayaan Maulid Nabi, tnyata sumbeR ke"liRuannya adalah niat baik yg salah caRa penyaluRannya. Padahal Islam telah mengajaRkan bhw suatu amal dikatakan shalih dan akan diteRima oleh Allah selain diniatkan dengan ikhlas juga haRus mengikuti caRa dan petunjuk yg dibawa oleh Rasulullah. KaRena kalau kita lihat dalam Al-QuR'an, oRang kafiR yg dkatakan oleh Allah sebagai oRang yg paling Rugi amalnya teRnyata dikaRenakan salah pRediksi (peRkiRaan). MeReka sangka apa yg meReka lakukan adalah kebaikan" sbagaimana yg meReka niatkan, padahal sebenaRnya adalah kesesatan, kalam Allah, aRtinya: "Katakanlah: "Apakah akan Kami beRitahukan kepadamu tentang oRg" yg paling mRugi pbuatannya. Yaitu oRg" yg telah sia-sia pbuatannya dlm kehidupan dunia ini, sedang meReka menyangka bhw meReka bbuat sbaik"nya." (QS. 18:103-104) Janganlah kita seperti meReka, cocokkan caRa ibadah kita dengan caRa ibadah Nabi Shallallaahu alaihi wa salam dan paRa sahabatnya, dan seRtailah dengan niat ikhlas kaRena Allah.

Semoga bmanfaat....

0 comments:

Posting Komentar

SMS gratis!

Klik di sini!
free counters