. wisecorner: Cobaan itu ukuran bagi sempurna atau tidaknya iman seseorang

Cobaan itu ukuran bagi sempurna atau tidaknya iman seseorang

Hits:

28 Maret 2009
"Apakah manusia itu akan dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. 29 : 2)

Innalillahi wa innalillahiraji'un....
Sebuah musibah besar kembali melanda bumi ini..tepatnya di daerah Cirendeu, Tangerang, Banten pada hari Jum'at (27/3) dini hari atau tepatnya selepas adzan subuh (begitu pengakuan warga yg saya simak dari sebuah TV swasta).

Musibah jebolnya tanggul Situ Gintung tersebut menewaskan 32 orang seketika itu juga dan dari berita yang saya dengar, jumlah korban tewas terakhir (28/3, 16.44 wit)yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR sebanyak 86 orang sedang yang masih masuk dalam daftar pencarian orang hilang berjumlah 125 orang.

Bencana seperti ini bukan yang pertama kali terjadi di Indonesia...5 tahun yang lalu tepatnya 26 Desember 2004 terjadi tsunami di provinsi Nangroe Aceh Darussalam...yang memakan korban jiwa sebanyak 101.318 jiwa dan korban hilang sebanyak 10.070 jiwa...tidak hanya itu...masih banyak lagi bencana atau musibah lainnya yang setiap harinya terjadi di muka bumi ini.

Musibah yang terjadi kecil atau besar..menyebabkan kehilangan (apapun milik kita) atau tidak..itu semua adalah bagian dari nikmat yang Allah berikan buat kita, hambaNya. Terlalu sempit jika definisi nikmat dalam pikiran kita hanya terbatas pada yang membahagiakan saja..yang membuat hati kita senang saja..atau yang membuat bibir kita menyunggingkan senyuman. Mungkin kita mesti membiasakan diri kita untuk merasakan bentuk lain dari nikmat Allah yang berupa cobaan..musibah..kesulitan..kesempitan..kesakitan..kekalahan..dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. Suka-duka..susah-senang..bahagia-sedih...bagai kepingan uang logam yang berdampingan..namun ada kaidah dalam Dien kita yang mengajarkan bahwa "al masyaqattu tajlibut tasysiri"..kesulitan itu akan mengantarkan kita pada kemudahan..begitu kurang lebih maknanya. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda : "Sungguh menajubkan urusan orang mukmin. Semua urusannya merupakan kebaikan dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika mendapatkan kegembiraan maka ia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya dan jika mendapat kesusahan maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya" (HR. Muslim)

Nikmat apapun bentuk dan rasanya adalah ujian dari Allah Sang Pemilik kehidupan ini...dimana setiap akhir dari ujian itu Allah akan melihat siapa-siapa saja dari hambaNya yang tetap beriman kepadaNya..dengan sebenar-benarnya iman.
Semoga siapapun kita, dimanapun kita berada, kapanpun itu tetap memelihara hidayah terbesar yang Allah titipkan yaitu hidayah iman dan Islam..sebab kita tidak tahu kapan ujian Allah akan menghampiri kita..dan ketika saat itu tiba, maka harapan kita ujian itu dapat kita lalui dengan baik. InsyaAllah..amiin....

0 comments:

Posting Komentar

SMS gratis!

Klik di sini!
free counters